Minggu, 30 Maret 2014

Pengaruh Globalisasi Terhadap Sosial Budaya Indonesia

Globalisasi, tentunya globalisasi bukan lah hal yang asing atau hal yang baru kita dengar. Globalisasi sendiri itu memiliki arti yang luas, ada yang mengatakan globalisasi adalah proses mendunia, kenapa dikatakan seperti tersebut? Karena dengan globalisasi seseorang mampu menjangkau kemauannya, keingin tahuannya  dengan mudah. Dampak globalisasi tentunya sangat bisa dirasakan dengan jelas, bukan hanya dampak positif saja yang ditimbulakan melainakan ada juga dampak negatif nya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengaruh globalisasi terhadap sosila budaya yang ada indonesia. 
Seiring berkembang nya zaman maka kebutuhuan hidup seseorang tentunya akan meningkat. Dari hal tersebut kemajuan teknologi serta gaya hidup didunia pun terus menerus mengalami perkembangan yang pesat. Negara-negara berkembang seperti indonesia mulai mengikuti perkembangan zaman tersebut, Tanpa mereka sadari nilai globalisasi yang masuk mayoritas adalah budaya barat, sehingga mulailah tertanam nilai-nilai barat didalam kehidupan masyarkat indonesia yang secara perlahan mulai menyingkirkan nilai-nilai budaya indonesia.
 Pola pikir masyarakat yeng berbeda tentunya mempengaruhi juga bagaimana masyarakat itu sendiri menyikapi globalisasi, oleh karena itu timbullah dampak positif dan negatifya. Contoh nya dampak positif apabila kita menyikapi dengan baik globalisasi, kita bisa meniru budaya etos kerja dan kedisiplinan orang-orang barat yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari mereka, tentunya ini akan berdampak positif untuk semua kegiatan sehari-hari kita. 
Globalisasi juga membawa banyak dampak negatif, dalam realita nya dampak negatif ini lebih menonjol dibandingkan dampak positif nya terhadap masyarakat indonesi. contohnya dengan masuk nya teknologi seperti gadget membuat orang sangat jarang untuk bersilaturahmi langsung dengan orang lainnya, mereka lebih menggunakan jejaring sosial untuk berkomunikasi. selain itu dengan adanya gadget seseorang lebih cuek akan lingkungan sekitar nya, dan cenderung asik dengan gadget mereka.
Kata globalisasi juga tidak pernah lepas dari kata gaya hidup, gaya hidup barat yang sudah terbawa masuk keindonesia disalahgunakan memberikan juga banyak dampak negatif. Seperti cara berpakaian yang banyak dibilang orang-orang "pakaian kurang bahan" tentunya itu tidak sesuai nilai-nilai di indonesia. Gaya hidup yang konsumtif, banyak masyarakat di Idonesia yang menerapkan gaya hidup yang konsumtif hanya karena memikirkan gengsi belaka, bisa kita lihat sudah mulai banyak rumah-rumah yang digarasi nya terpakir lebih dari satu mobil. Terlebih dikalangan muda, di era globalisasi ini banyak lagu-lagu barat yang masuk keindonesia, jika ditanyakan tentang kesenian musik tradisional, apakah mereka mengetahui ? sebagian besar anak muda tidak mengetahui, merak lebih tahu tentang msuik barat dibandingkan kebudayaan musik tradisional.
Meliahat dampak dari globalisasi, dapat kita simpulkan bagaimanapun juga dampak globalisai bisa dikendalikan dengan baik, semua itu tergantung bagaimana manusia itu menyikapi zaman globalisasi ini. karena apabila perkembangan yang pesat ini tidak bisa dikendalikan ataupun dsikapi dengan baik, bukan lah yang tidak mungkin nilai sosial dan budaya Indonesia yang sejak dulu ada akan semakin terkikis,terabaikan, bahkan mungkin terluapakan oleh masyarakat Indonesia itu sendiri. Oleh karena itu mari kita jaga dan junjung tinggi nilai-nilai nasionalisme!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar